Kemahasiswaan

BANGGAI RAYA- Akan berlangsung selama tiga hari, 508 mahasiswa baru (Maba) Untika Luwuk mulai melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2023/2024.

Kegiatan PKKMB ini dibuka secara resmi langsung oleh Rektor Untika Luwuk, Taufik Bidullah SE., M.Si., Senin 14 Agustus 2023, di pelataran kampus biru tersebut.

Hadir dalam pembukaan PKKMB yakni Wakil Rektor I Isnanto Bidja, Wakil Rektor II Bidang Keuangan dan Kerjasama, Heni Herijaya, Wakil Rektor III Hamdin, para unsur pimpinan fakultas dan pejabat di kampus biru tersebut.

Dalam sambutannya, Rektor Untika Luwuk, Taufik Bidullah SE., M.Si., mengatakan, seperti disampaikan panitia bahwa PKKMB adalah wahana untuk membekali mahasiswa baru pengetahuan.

Sehingga setelah mengikuti PKKMB, mahasiswa dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan perguruan tinggi yakni Untika Luwuk.

“Adaptasi ini sangat diperlu dilakukan mahasiswa. Dan kehadiran adik-adik di sini, bisa menjadi mahasiswa yang unggul. Kemudian, PKKMB ini menjadi pintu masuk untuk bisa meraih cita-cita yang besar dan cita-cita suci sebagai intelektual unggul,” kata Rektor Taufik Bidullah.

Sebagai pimpinan kampus biru, Rektor Taufik Bidullah menegaskan, akan berusaha semaksimal mungkin untuk melahirkan mahasiswa yang mampu berkompetisi. Memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup seiring kebutuhan perkembangan dunia kerja saat ini.

Sementara itu, Ketua Panitia PKKMB Untika Luwuk, Ahmadin S.Pd., M.Pd., mengatakan, bahwa PKKMB adalah wahana mahasiswa baru agar dapat beradaptasi dengan cepat di lingkungan kampus Untika Luwuk.

“Kami sampaikan bahwa PKKMB, tahun akademik 2023/2024 ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada Maba agar cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan,” ungkapnya.

Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan PKKMB tahun ini adalah Melalui PKKMB ‘Kita membentuk mahasiswa Untika Luwuk yang berkarakter Religius, Nasionalis, Mandiri, gotong royong, berintegritas dan berkearifan lokal sebagai insan intelektual yang unggul’.

“Untuk waktu pelaksanaan yang kami agendakan, pra PKKMB dilakukan tiga hari yang dilakukan mulai tanggal 10 sampai 13 Agustus 2023. Kemudian PKKMB, dimulai hari ini tanggal 14 sampai 16 Agustus 2023,” jelas Ahmadin.

Peserta PKKMB ini kata dia, terdiri dari tujuh fakultas dan 15 program studi dengan total 508 Maba.

Rinciannya, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 115 orang, FKM 108 orang, Fakultas Ekonomi 121 orang, Fakultas Teknik 52 orang, FISIP 44 orang, Fakultas Hukum 39 orang dan Fakultas Pertanian 18 orang. (*)